6 Tips Lancar & Praktis Menyusui selama Traveling ala Vitaflow

Friday, November 16, 2018

Setelah proses melahirkan yang melelahkan banyak ibu yang malas bepergian jauh. Hal ini dikarenakan ibu merasa repot dan tidak nyaman bila menyusui di depan umum. Namun walaupun sedang menyusui, bukan berarti Anda harus terus berada di rumah, lho. Apalagi jika Anda dan suami sangat gemar traveling atau rutin mengunjungi orang tua yang tinggal di luar kota.

Saat ini mulai banyak tempat umum sudah menyediakan nursing room sehingga Anda tak perlu kerepotan saat berencana membawa si Kecil bepergian jauh, asalkan ia dalam kondisi fit dan sudah cukup kuat untuk mulai diajak bepergian semua akan baik – baik saja kok moms.

Mumpung sebentar lagi weekend nih, jika Anda dan keluarga berencana berlibur ke luar kota atau berniat mengunjungi kedua orang tua jangan sampai terlewat 6 Tips Lancar & Praktis Menyusui selama Traveling ala Vitaflow berikut ini ya :

 

  1. Siapkan Perlengkapan Bayi

Satu set peralatan menyusui mulai dari pompa, botol penyimpan ASI, botol susu bayi, kantong ASI dan cooler-bag adalah benda yang harus dibawa jika ingin melakukan perjalanan jauh. Hal ini untuk berjaga kalau-kalau di jalan harus memompa ASI, juga mengantisipasi saat si Kecil belum merasa lapar tapi puting susu sudah mulai mengeras karena ASI yang sudah penuh.
 
Jika ini terjadi, sebaiknya Anda langsung memompa ASI dan tampung ke dalam botol / kantong ASI Vitaflow untuk disimpan ke dalam cooler-bag. Pastinya Anda tak bisa membayangkan kalau peralatan menyusui ini tertinggal di rumah, padahal masih dalam masa menyusui bayi.

 

  1. Cari Tempat Nyaman

Jika Anda bepergian menggunakan kendaraan pribadi mungkin tidak akan terlalu pusing saat si Kecil mulai lapar, namun bagaimana jika Anda pengguna kendaraan umum? Saat ini sudah banyak fasilitas umum  seperti bandara dan rest area yang menyediakan nursing room, sehingga Anda bisa dengan nyaman merawat si Kecil. Mulai dari mengganti popok dan bajunya, hingga menyusuinya. Ruangan ini biasanya bernuansa ceria ala anak-anak dan didesain senyaman mungkin untuk memberikan ruang lega bagi ibu dan bayi.

 

  1. Gunakan Baju Menyusui

Gunakan baju khusus ibu menyusui, yang pada bagian dadanya terdapat celah bukaan, kancing atau resleting. Bisa juga gunakan baju model berlapis seperti jenis tank top yang dilapisi kemeja atau cardigan.Dengan baju seperti ini, Anda dapat lebih mudah menyusui tanpa harus khawatir payudara Anda tersingkap apalagi sampai perlu membuka baju.

 

 

 

  1. Jangan Lupakan Nursing Apron

Menyusui bayi adalah hak bagi setiap ibu, meski begitu saat berada di tempat umum pastikan Anda menggunakan celemek khusus menyusui, atau yang sering disebut dengan nursing apron. Selain berfungsi untuk menutupi bagian tubuh, celemek akan membuat si bayi lebih fokus untuk minum. Beda halnya jika tidak menggunakan apron, si Kecil akan menengok dan memperhatikan kesana kemari sambil menyusu. Kebiasaan ini lah yang membuat proses menyusui menjadi lebih lama, sehingga jika berencana liburan ke luar kota pastikan sudah membawa apron menyusui agar Anda lebih nyaman untuk memberikan ASI.

 

  1. Harus Percaya Diri

Banyak ibu yang merasa tidak percaya diri bila menyusui di depan umum, terutama bila di sekitarnya ada laki-laki. Abaikan perasaan itu, Moms! Anda harus tetap percaya diri.
Percaya diri adalah kunci utama agar bayi bisa menyusui dengan nyaman. Ingat saja, menyusui adalah hak Anda dan bayi.

 

 

 

 

  1. Jaga Makanan dan Cukup Istirahat

Kondisi tubuh yang sehat dan fit akan meningkatkan kinerja hormon oksitosin, sehingga ASI tetap lancar dan Anda dapat menyusui dengan baik. Atur ritme perjalanan yang santai, sesuai kondisi keluarga. Usahakan agar jadwal makan tetap teratur.

 

Kalau semua sudah disiapkan dan direncanakan dengan baik, liburan bersama bayi pun menjadi lebih menyenangkan. Ibu menyusui tentunya memerlukan liburan juga kan, supaya lebih rileks. Pastikan Anda sudah membawa rangkaian produk Vitaflow Baby untuk menyimpan ASI, karena Anda bisa memberikannya dengan mudah untuk si Kecil.

 

Nipple pada botol bayi Vitaflow Baby terbuat dari karet silikon yang lembut sehingga lentur. Bentuknya menempel dengan baik pada lidah bayi sehingga nyaman digunakan. Jangan lupa untuk selalu memilih ukuran dot sesuai dengan umur sang buah hati ya moms, Selamat travelling !!