Menyusui Bisa Mencegah Kanker Payudara; Ini Bukti Ilmiahnya

Wednesday, March 21, 2018

Setelah bayi Anda terlahir ke dunia, ia akan membutuhkan asupan nutrisi melalui ASI selama 6 bulan ke depan. Sayangnya, masih banyak ibu-ibu muda yang belum paham pentingnya program ASI 6 bulan. Padahal yang diuntungkan dari program tersebut tak hanya si kecil saja, Anda pun juga bisa memetik berbagai macam manfaat lho.

 

Anda tentu sudah pernah mendengar kabar bahwa menyusui bisa mencegah kanker payudara. Ternyata itu bukan sekadar berita burung lho. Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Kaiser Permanente Medical Care Program California menunjukkan bukti ilmiah bahwa aktivitas menyusui dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker payudara. Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 974 responden perempuan dari wilayah Los Angeles yang baru saja didiagnosis menderita kanker payudara, dan 973 perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara dalam rentang usia yang sama.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui satu orang anak akan mengalami penurunan resiko kanker payudara sebanyak 20% dibandingkan dengan ibu yang tidak pernah menyusui. Semakin sering Anda menyusui, maka akan semakin besar pula tingkat penurunan resiko kanker payudara yang Anda dapatkan. Hanya saja berkurangnya resiko tersebut hanya akan terjadi pada perempuan yang menyusui sebelum memasuki masa premenopausal.

 

Penelitian tersebut juga menjelaskan bagaimana menyusui bisa membantu mengurangi resiko kanker payudara pada perempuan. Selama siklus menstruasi, tubuh Anda akan terekspos oleh hormon estrogen. Hormon estrogen adalah hormon kewanitaan yang diindikasi berperan besar terhadap pembentukan sel kanker. Saat Anda menyusui tubuh Anda akan melepaskan hormon prolaktin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ovulasi. Artinya, kadar estrogen di dalam tubuh Anda pun akan berkurang sehingga memperkecil resiko Anda terkena kanker payudara.

 

Yuk, sudah saatnya ibu-ibu di Indonesia sadar program menyusui 6 bulan!