Si Kecil Tak Mau Minum Susu Botol, Cobalah Trik Ini!

Thursday, February 15, 2018

Di usia yang masih bayi, ASI menjadi asupan makanan penting bagi mereka. ASI eksklusif diberikan hingga usia mereka menginjak enam bulan. Setelah itu, Moms bisa memberikan susu formula sebagai ganti ASI. Sayangnya, tidak semua bayi bisa dengan mudah mengganti ASI ke susu formula. Bahkan tak sedikit bayi yang masih mengonsumsi ASI hingga usia dua tahun. Hal ini mungkin akan sedikit sulit untuk ibu yang bekerja.

 

Ketika jatah cuti akan habis, tentu Moms akan mulai melatih si kecil minum susu dari botol. Saat-saat seperti ini bersiaplah untuk menghadapi penolakan dari buah hati Anda. Moms tak perlu khawatir, karena Anda bisa melakukan beberapa trik ini untuk membuat si kecil mau minum susu formula dengan botol.

 

Buat Suasana Lebih Rileks

Jika Anda tetap tenang dan rileks, kemungkinan si kecil akan lebih bisa menerima botol susunya. Bayi merupakan makhluk yang sangat sensitif dan mereka mampu merasakan pikiran stres ayah ibunya. Ciptakan ruangan yang santai dan nyaman untuk bayi Anda dan Anda sendiri. Duduklah di kursi yang nyaman. Kita saja membutuhkan tempat yang nyaman untuk makan, begitu pula bayi Anda.

 

Lakukan Ketika Si Kecil Mulai Lapar

Idealnya, seorang bayi akan tertarik ketika dirinya mulai lapar, bukan kelaparan. Karena ketika mereka merasa sangat lapar, mereka akan frustasi dan kesal. Sebagai seorang ibu, Anda tahu tanda-tanda si kecil ketika mulai lapar. Itulah saat yang tepat untuk mulai memperkenalkan mereka pada botol susu.

 

Posisi Bayi Juga Jadi Pertimbangan

Buat bagian tubuh mereka mulai dari kepala, leher, dan tubuhnya dalam posisi lurus. Baik saat mereka sedang tiduran atau berada pada pangkuan Anda. Buat posisi tubuhnya tetap stabil dan nyaman agar tidak rewel.

 

Buat Rangsangan Pada Lidahnya

Moms bisa mencoba melakukan teknik ini untuk memberikan rangsangan yang alamiah seperti saat ia mengonsumsi ASI. Sentuh bibirnya dengan lembut menggunakan ujung botol. Masukkan ujung botol ke dalam mulutnya secara perlahan. Tekan lembut pada bagian tengah lidahnya. Secara otomatis, lidah si kecil akan langsung mengelilingi ujung botol tempat air susu keluar.

 

Jangan Dipaksa

Biarkan mereka “menjelajahi” ujung botol dengan mulutnya tanpa paksaan. Jika dipaksa, hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan frustasi pada bayi. Jika mereka rewel, diamkan selama 10 menit untuk beristirahat.

 

Sebagai seorang ibu, kesabaran memang harus menjadi modal utama Moms. Yang jelas jangan pernah menyerah untuk membuat si kecil minum susu dengan botol sesuai dengan usianya.